Kamis, 20 Mei 2010

Jangan kecewa..., berbahagialah!

Kecewa adalah manusiawi, tapi jikalau kekecewaan itu terlalu lama dipendam, akan merugikan diri sendiri, walau untuk menyembuhkannya kita memerlukan waktu. Sadarlah, jika kekecewaan itu terlalu lama dipendam, akan merugikan diri sendiri. Waktu tak bisa diputar ulang, yang telah tertulis sebagai sejarah hidup tak bisa dihapus. Jika hanya dengan kekecewaan, tak akan dapat memperbaiki keadaan. 
Hidup terus berjalan, masih banyak yang dapat kita lakukan tanpa harus terlalu memikirkan hal yang sudah terjadi, tanpa ada evaluasi dan perbaikan diri. 

Belajar untuk ikhlas… 
Orang yang berusaha untuk ikhlas, tak berharap balasan dari orang lain. Mau ditanggapi jelek, tafadhol, mau ditanggapi baik, Alhamdulillah. Sepanjang yang kita lakukan adalah cara dan niat yang tidak melanggar syari’at, it’s ok! 

Belajar lapang dada… 
Nobody's perfect “tak ada manusia yang sempurna”, setiap orang pasti pernah salah. Kesalahan yang dilakukan terkadang disebabkan oleh itulah ilmu yang dipunyainya sekarang, atau ketidaktahuan tentang hal itu_’ya sampai disitulah ilmunya’. Ataupun ada faktor yang menekan, sehingga ia harus berbuat kesalahan(tak mampu mengendalikan tekanan dari luar). 
Ya… banyak faktor yang terkadang perlu kita maklumi… 

Belajar untuk sabar… 
Berlaku sabar itu tidak mudah, namun bagi orang yang bertaqwa, berbuat sabar itu tak ada sulitnya. Sehingga kita harus beruaha menjadi orang yang taqwa, agar kesabaranpun mudah untuk dilakukan. 
“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya”(QS. Al Baqarah : 45-46) 

Belajar untuk muhasabah diri 
Segala sesuatu yang tak enak menimpa diri kita, terkadang adalah peringatan Allah, jadi bermuhasabahlah. Mungkin ada maksiat lain yang kita lakukan kepada Allah. 

So... berbahagialah! 

0 komentar:

Posting Komentar

saudara seperjuangan

saudara seperjuangan
Wahai saudaraku,,, Ingatlah akan sebuah janji kita Untuk selalu bersama Di surga-Nya kelak
";)active-Smart-Sholehah-creative-....ashe_kurniasih....(;"
Sebuah Renungan

go to keraton kadariah part 2

Jalan-jalan ke Keraton Kadariah

Followers