Senin, 27 Desember 2010

Kalimat Penggugah Jiwa part 1 (Ukhuwah)

 Ukhuwah  itu seperti matematika, mengalikan ikatan cinta, mengurangi kesedikan dan mengurangi keluah kesah, saudaraku, semoga persaudaraan ini tetap di Ridhoi-Nya
Ya Allah sesungguhnya Engkau mengetahui, bahwa kami saling mencintai karena-Mu, ampunilah kesalahan-kesalahan kami yang telah lalu dan kekalkanlah ukhuwah antara kami, 
Rabithatu al ‘aqidah (Ikatan Akidah), Rabithatu al Fikrah (Ikatan Pemikiran), Rabithatu al Ukhuwah (Ikatan Persaudaraan), Rabithatu at tanzhim (Ikatan Organisasi), Rabithatu al ‘ahd (Ikatan Janji).Andai di tengah perjalanan, kita harus mengalami terpaan, ujian, fitnah dan godaan, kita berharap kelima buhul ikatan kita itu tidak membiarkan kita terhempas dari jalan ini.
Subhanallah, antum adalah bahan terbaik yang dipilih untuk menyusun bangunan dakwah ini. Dan Allah yang mengikat kita dengan semen Iman dan air Ukhuwah.

Ukhuwah itu tak kenal kesudahan,,ia mengiringimu dalam hidupmu sebagai penyejuk kehidupan, menyapamu dalam kesendirianyang melelahkan..Dan menjagamu tetap dalam senyuman

Ukhuwah fillah…, Selamanya akan bermakna. Itulah hal uang membuat hidup lebih indah & penuh warna. Membuat kaki tegak di jalan dakwah , membuat hati istiqomah dalam iman, membuat raga perkasa merangkak dalam kerikil ujian dan membuat nafas panjang menyelami lautan ilmu…

Begitu banyak warna dalam perjalanan kita, ada yang tetap bertahan, namun tidak sedikit yang pergi meninggalkannya. Beginilah jalan da’wah mengajarkan kita tentang ukhuwah, tentang pengorbanan dan keikhlasan. Kadang kesal, kadang lelah, kadang ada canda dan tawa. Tak kuat rasanya tuk bertahan, namun sayang tuk ditinggalkan. Kadang hat bertanya, “Ya Allah, kapan kami bisa beristirahat dari jalan ini?”, lalu Allah menjawab “ketika kaki-kaki kalian menginjak syurga” . Semoga…Allahumma Amin.

Ukhuwah itu indah karena ada cinta di dalamnya. Ukhuwah itu nikmat karena dakwah jadi landasannya. Ukhuwah itu berkah karena hanya Allah yang jadi tujuannya. Ganbatte!! Allahu akbar!!

Ukhuwah adalah telaga bagi batin yang rindu cinta sejati, tempat jiwa berlabuh untuk selalu menguatkan, memberi dan berbagi. Di dalamnya ada lantunan syahdu akan ketulusan do’a untuk saudaranya

Sungguh tiap mukmin bersaudara.Ukhuwah tak perlu diperjuangkan, tak perlu. Karena ia hanya akibat dari iman. Karena saat ikatan melemah, saat keakraban merapuh, saat salam terasa menyakitkan, saat kebersamaan serasa siksaan, saat pemberian bagai bara api dan saat kebaikan justru melukai, yang rusak bukanlah ukhuwah kita. Hanya iman kita yang sedang sakit, atau menjerit.

Biarkan persaudaraan kita mengalir seperti air yang menyejukkan, atau udara yang melegakan, atau bumi yang mengokohkan, atau api yang menggelorakan. Biarkan ia tumbuh seperti benih yang tersemai dan bunga-bunga yang bermekaran. Bukan sekedar bahagia, tapi bersama meraih surga. Tetap semangat saudaraku.
Pelajaran dari seekor semut, seberapa banyakpun kesibukannya mereka selalu berhenti untuk menyapa teman-teman yang mereka kasihi dan sayangi. Maka dari itu, berhentilah sebentar darikesibukan kita untuk menyapa saudar-saudara terbaik kita.

Allah menciptakan kura-kura untuk mengingatkan kepada kita agar pelan-pelan dalam menambil keputusan dan bertindak. Allah menciptakan semut utuk mengingatkan kepada kita agar memperhatikan hal-hal kecil yang begiti bararti. Allah juga menciptakan teman untuk menunjukkan betapa luar biasanya memiliki saudara yang senantiasa saling mengingatkan dalam hal kebaikan dan kesabaran.

Ketika saudaramu sedih, apaka engkau tahu? Ketika saudaramu menanis, apakah engkau tahu? Ketika saudara mu tak bersemangat di jalan dakwah ini, pakaha engkau tahu? ketika saudaramu bosan dena lelah akan jihad di jalan dakwah ini, apakh engkau tahu? Ketika saudaramu merasa futur, apakah engkau tahu? Maka dari itu, sapalah saudaramu. Tanya akan apa kabar hatinya. Walaupun setiap hari kau berjumpa. Agar ia tetap selalu dalam penjagaan mu dan penjagaan Allah. dan gar tetap semangat di jalan dakwah ini.

0 komentar:

Posting Komentar

saudara seperjuangan

saudara seperjuangan
Wahai saudaraku,,, Ingatlah akan sebuah janji kita Untuk selalu bersama Di surga-Nya kelak
";)active-Smart-Sholehah-creative-....ashe_kurniasih....(;"
Sebuah Renungan

go to keraton kadariah part 2

Jalan-jalan ke Keraton Kadariah

Followers